Penyebab Seringnya terjadi Kebakaran

Seringkali kita melihat di TV banyaknya kasus kebakaran. Berbagai spekulasi pun muncul tentang penyebab kebakaran tersebut.
Ada yang mengatakan akibat konsleting arus listrik, ledakan kompor gas, sengaja dibakar, bahkan ada pula yng menyalahkan PLN.


Namun sebenarnya ada beberapa hal yang sering menyebabkan terjadinya kenbakaran. ANtara lain:

1. Ukuran kabel yang tidak memadai.
Salah satu faktor yang menentukan ukuran kabel atau penghantar adalah besar arus nominal yang akan dialirkan melalui kabel/penghantar tersebut sesuai dengan lingkungan pemasangannya, terbuka atau tertutup. Dasar pertimbangannya adalah efek pemanasan yang dialami oleh penghantar tersebut jangan melampaui batas. Bila kapasitas arus terlampaui maka akan menimbulkan efek panas yang berkepanjangan yang akhirnya bisa merusak isolasi dan atau membakar benda-benda sekitarnya. Agar terhindar dari peristiwa kapasitas lebih semacam ini maka ukuran kabel harus disesuaikan dengan peraturan instalasi listrik.


2. Penggunaan adaptor atau stop kontak yang salah.
Yang dimaksudkan di sini adalah penyambungan beban yang berlebihan sehingga melampaui kapasitas stop-kontak atau kabel yang mencatu dayanya.

3. Instalasi kontak yang jelek

4. Percikan bunga api pada peralatan listrik atau ketika memasukkan dan mengeluarkan soket ke stop-kontak pada lingkungan kerja yang berbahaya di mana terdapat cairan, gas atau debu yang mudah terbakar.

5. Untuk daerah-daerah seperti ini harus digunakan peralatan anti percikan api.

About these ads