Cara mengetahui Cell ID di Blackberry

BB

Setiap tower telepon seluler (BTS)  pasti memiliki yang namanya Cell ID (CI). Cell ID adalah sebuah kode unique yang digunakan pada jaringan GSM atau telepon seluler. Cell ID ini menunjukkan ID dari cell atau tower dimana kita berada.

Tahukah anda, bahwa setiap handphone pasti menyimpan informasi mengenai Cell ID ini, namun kebanyakan dari handphone yang beredar di pasaran saat ini sengaja tidak dibekali applikasi untuk mengetahui informasi Cell ID ini. Begitu juga dengan Blackberry.

Tapi meskipun begitu ada beberapa third party atau pihak ketiga yang menyediakan aplikasi untuk memunculkan informasi Cell ID ini. Dalam artikel ini Gimana.info akan mengupas gimana cara mengetahui Cell ID di Blackberry menggunakan aplikasi Signal-Location Utilities.

Berikut langkah-langkahnya:

    1. Buka link http://f5bbutils.fairview5.com/signalloc/
    2. Jika anda membuka langsung dari Blackberry maka pilih OTA Install
    3. Ikuti petunjuk instalasinya sampai akhir, icon aplikasinya akan seperti ini

    1. Jalankan aplikasinya, tampilan awalnya akan seperti ini

  1. sebenarnya dari sini anda sudah mendapatkan Cell IDnya pada baris Id/Ch: 14786 165 62215 11, 778. Cell ID yang dimaksud adalah 62215.
  2. Namun untuk mengetahui lebih detail informasi, anda bisa menekan tombol Menu>Network details. Tampilannya akan seperti ini
  3. Di dalam Network Details mungkin anda akan menjumpai istilah-istilah yang mungkin masih asing bagi anda, seperti MNC, MCC, LAC, RAC dan lain-lain.

semoga bermanfaat

source : link

About these ads