Optimalkan Flashdisk untuk Menambah RAM

RAM (Random Access Memory) dalah tempat untuk menyimpan dan mengolah data. Biasa digunakan sebagai “Working Storage”, tempat dimana komputer menjalankan program. Disini program/data dapat dibaca, ditulis, dan dihapus dari RAM, dan saat komputer dimatikan maka isi RAM tersebut akan hilang.

Pada saat kita mengaktifkan aplikasi di komputer atau laptop, hal itu tentu saja akan mengurangi kapasitas RAM yang tersedia. Bahkan apabila terlalu banyak aplikasi yang kita buka, bisa saja membuat komputer menjadi hang. Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena semakin banyak aplikasi yang kita buka di komputer, maka semakin besar pula RAM yang kita gunakan. Sehingga pada saat kita membuka aplikasi baru maka komputer akan kekurangan RAM dan menjadi hang.

Solusi yang biasa kita lakukan adalah dengan membeli RAM baru. Namun saat ini kita punya solusi alternatif yang mungkin lebih ekonomis, yaitu dengan memanfaatkan flashdisk kita untuk menambah RAM. Karena selain untuk menyimpan data, flashdisk juga dapat digunakan untuk menambah RAM. Semakin besar kapasitas flashdisk, maka semakin besar pula RAM yang bisa kita tambahkan.

Untuk menggunakan flashdisk sebagai RAM, kita membutuhkan software eBooster.exe


Setelah kita unduh dan kita install, kita diminta untuk memilih bahasa yang akan kita gunakan, pilih saja English karena untuk bahasa Indonesia belum tersedia. Setelah itu klik Next dan pilih I Agree untuk menyetujui, klik Next untuk memilih folder penyimpanan file, dan akhirnya pilih reboot untuk mem-booting ulang komputer.

Setelah pemasangan selesai, masukkan flashdisk ke usb komputer, maka akan muncul dialog untuk memilih device penyimpanan, kita pilih flashdisk dan tentukan ukuran/ size flashdisk yang akan kita gunakan untuk menambah RAM, setelah itu klik Ok. Maka akan terlihat RAM kita bertambah.