Solusi Baru Agar BTS Hemat Energi 54%

JAKARTA – Penyedia infrastruktur telekomunikasi Tower Bersama Group (TBG) menawarkan solusi layanan energi untuk site off-grid yang dapat disediakan dilokasi manapun, namun dengan tetap memberikan efisiensi yang diharapkan.

CEO TBG Herman Setya Budi dalam keterangan resmi mereka, Jumat (13/11/2009) mengklaim, solusi yang mereka tawarkan dapat mereduksi biaya energi BTS hingga 54 persen.

“Sebagai provider tower BTS terkemuka di Indonesia, kami sangat menyadari kendala-kendala yang dihadapi oleh para operator telekomunikasi akan kebutuhan listrik,” kata Herman.

Adapun konsep manajemen energi yang diterapkan TBG adalah sistem pengaturan daya atau controller dan pendinginan atau cooling secara intensif sehingga meningkatkan efisiensi penggunaan daya listrik yang dibangkitkan. Selain hemat energi, konsep ini juga menjadikan sistem pembangkit energi BTS yang ramah lingkungan.

Mendapatkan pasokan listrik dengan daya dan stabilitas yang memadai menjadi tantangan utama bagi para operator telekomunikasi dalam mengembangkan jaringan BTS.

Disisi lain, operator telekomunikasi juga dituntut untuk terus mengatur pembiayaan yang lebih efektif pada setiap titik operasional yang tersebar di seluruh wilayah layanannya.

Herman menyebutkan, penggunaan genset konvensional selama 24 jam sehari yang umum digunakan saat ini tidak memebuhi efisiensi yang diharapkan.

Dengan inovasi teknologi yang mereka tawarkan, TBG optimis operator telekomunikasi di Indonesia bisa tumbuh secara lebih sehat dan efisien.

Source: okezone.com