Bahaya Mengintai di Kolam Renang

Sebelum menyeburkan diri dan berenang di kolam renang, sebaiknya berhati-hati memilih kolam renang. Meskipun diklaim bersih, seringkali kolam renang umum tak sebersih yang Anda bayangkan.

Menurut laporan pusat pengendali penyakit (CDC) Amerika Serikat, seperti dikutip dari Shine, satu dari delapan kolam renang publik ditutup karena tidak memenuhi syarat kesehatan. Kolam renang yang tidak melalui proses disinfeksi menjadi tempat berkembang biaknya kuman penyakit.

Data dari pemeriksaan 121.000 kolam di 13 negara bagian AS mengungkap, 17,2 persen kolam renang anak tidak memenuhi standar kesehatan. Kolam renang hotel yang sering dikunjungi orang dewasa maupun anak-anak, 15,3 persen diantaranya menyebarkan kuman penyakit.

Penyakit yang paling banyak diderita akibat kontaminasi kolam tercemar adalah diare, yang disebabkan bakteri E Coli dan Giardia. Bakteri ini bisa berakibat serius bahkan fatal. Wanita hamil dan anak-anak sangat rentan terkena kuman penyakit dari air tercemar. Bahaya lain air kolam yang tidak disinfeksi antara lain, menyebabkan luka, serta infeksi kulit, telinga dan mata.
-VIVAnews-