LTE Capai 100Mbps pada Jarak 75 Kilometer

Telstra dan Nokia Siemens Networks telah melakukan uji coba teknologi layanan bergerak generasi berikut di kawasan Victoria, Australia. Dari uji coba yang dilakukan pertamakalinya di dunia tersebut, keduanya meraih kecepatan download/upload 100/31Mbps dalam jarak 75 kilometer.

Kedua perusahaan menguji penerapan teknologi 4G Long Term Evolution (LTE) di kawasan tersebut melalui kombinasi uji laboratorium dan uji lapangan jarak jauh. Tujuannya untuk mengetahui keterbatasan jarak fisik terhadap pengalaman pelanggan LTE.

Michael Rocca, Chief Operations Officer Telstra mengatakan, pengujian jarak sangat penting bagi masa depan teknologi ini dan yang dipelajari Telstra akan sangat menarik secara internasional.

“Australia memiliki wilayah daratan terbesar keenam dengan kepadatan populasi kesembilan terendah di dunia,” kata Rocca, pada keterangannya, 30 Juni 2010. “Teknologi yang kami perkenalkan harus melewati jarak yang jauh, mencakup area luas dan menghasilkan kinerja yang baik,” ucapnya.

Uji coba lapangan jarak jauh tersebut dilakukan di antara Gunung Hope dan Gunung Burrumboot di Victoria. Adapun perangkat yang digunakan adalah Flexi Multiradio Base Station LTE yang tersedia secara komersial dan Evolved Packet Core (EPC) dari Nokia Siemens Networks. Adapun dongle USB LTE pra-komersial disediakan oleh vendor pihak ketiga.

“Lewat uji coba bersama ini, kita sekarang dapat melihat bahwa LTE dapat diperluas untuk memberikan solusi hemat biaya untuk lingkungan pedesaan terpencil,” kata Kalevi Kostiainen, head of Nokia Siemens Networks, Australia dan New Zealand, pada kesempatan yang sama.
_Vivanews_