Trojan hadir di Android

Meskipun masih tergolong baru, tapi sistem operasi berbasis Linux ini langsung dapat ancaman. Adalah Kaspersky Lab yang pertama kali merilis berita tentang hadirnya Trojan SMS yang mengincar Android.

Trojan yang dideteksi sebagai Trojan-SMS.AndroidOS.FakePlayer.a
ini dilaporkan telah berhasil menginfeksi ratusan ponsel bersistem operasi Android. Terus, seperti apa sih si trojan nakal ini?

Ia berupa aplikasi pemutar video dan musik dengan ukuran 13 kilobyte. Supaya penyebarannya lancar, trojan ini mengumumkan lisensi gratis buat siapa pun yang mau memakainya asalkan punya sistem operasi Android. Kalau sudah terinstall, mulailah ia menjalankan aksi jahatnya dengan cara mengirimkam SMS ke nomor tertentu secara berulang. Akibatnya, pulsa korban akan tersedot seketika.

Pengguna kemungkinan besar memang sulit membedakan mana aplikasi yang aman dan tidak di sistem operasi Android. Tapi menurut Kaspersky, ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghindari aplikasi torjan semacam ini. Caranya adalah dengan memperhatikan service yang diminta sebuah aplikasi. Jika kira-kira mencurigakan seperti yang dilakukan trojan ini (mengirim SMS) maka ada baiknya tidak diotorisasi.